Profil Prof. Budi Wiweko, SpOG (K), MPH: Membangun UI Melalui Penguatan Ekonomi & Kewirausahaan

Profil Prof. Budi Wiweko, SpOG (K), MPH: Membangun UI Melalui Penguatan Ekonomi & Kewirausahaan

Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG (K), MPH merupakan salah satu Calon Rektor Univeristas Indonesia (UI) yang masuk dalam 7 besar. Beliau merupakan Ketua Komisi 2 Senat Akademik UI sekaligus Wakil Direktur Bidang Pengembangan Bisnis dan Inovasi Indonesian Medical Education and Research Institute Fakultas Kedokteran UI (IMERI FK UI).

Beliau merupakan lulusan Ilmu Kedokteran di FK UI, dan meraih gelar spesialis Kemudian di Bidang Imunoendokrinilogi Reproduksi di UI. Beliau kemudian mengambil gelar S3 dan mengambil Magister jurusan  Manajemen Rumah Sakit di Universitas Gajah Mada (UGM).

Berbicara perihal pengalaman, beliau sempat menjadi Wakil Ketua Senat Mahasiswa FK UI diperiode 1993-1994, Koordinator Pengembangan Riset Fakultas Kedokteran UI diperiode 2010-2014, dan Sekretaris Bidang Hubungan Internasional dan Kerjasama MEA Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia diperiode 2015-2018.

Beliau mengangkat tema “Membangun Universitas Indonesia Menjadi Area Knowledge Economy melalui Entrepreneurial University” dalam visi misinya sebagai calon rektor UI. Beliau ingin membangun UI dalam 3 bidang, yaitu bidang riset dan teknologi; akademis dan kemasyarakatan; dan kewirausahaan dan kolaborasi.

Dibidang Riset dan Teknologi beliau memiliki tiga misi, yaitu memimpin pendidikan tinggi berbasis penelitian dan inovasi; mengakselerasi implementasi entreprenuerial university dalam bidang pendidikan, penelitian dan pelayanan masyarakat; serta meningkatkan keberadaan dan peran Indonesia di dunia internasional.

Sedangkan dalam Akademis dan Kemasyarakatan beliau ingin mencetak lulusan Universitas Indonesia sebagai pemimpin masyarakat; mengakselerasi peningkatan kualitas pendidikan melalui kerja sama dengan institusi pendidikan berkelas dunia (join degree); dan aktif membantu pemerintah serta berpartisipasi dalam membangun ketahanan, kemandirian dan daya saing bangsa.

Kemudian dalam bidang Kewirusausahaan dan Kolaborasi ia juga memiliki 3 misi, yaitu membangun kapasitas dan memberdayakan semua sumber daya dalam mencapai tujuan bersama; membangun budaya entrepreneur bagi semua sivitas akademika; dan membuka pintu seluas-luasnya dalam aspek kolaborasi serta kemitraan dengan alumni, pemerintah, industri dan masyarakat.